Kelebihan dan Kekurangan Laptop Asus Chromebook C201PA


Kelebihan dan Kekurangan Laptop Asus Chromebook C201PA ~  Chromebook adalah laptop yang didesain untuk berfungsi optimal dengan koneksi internet. Karena pada dasarnya kamu hanya menjalankan Google Chrome sebagai aplikasi utama. Selain itu, yang membuat Chromebook populer adalah harga yang sangat terjangkau, dengan kisaran 3 jutaan hingga 5 jutaan rupiah saja.

Kunjungi Juga: https://berbagigratis.weebly.com

Chromebook C201 PA merupakan laptop berbasis sistem operasi milik Google yaitu Chrome OS. Untuk menjalani laptop ini tentu saja hal yang harus diperlukan adalah internet. Review singkat Asus Chromebook C201PA.

Desain

Laptop Chromebook Asus ini memiliki desain minimalis dan simpel serta bobotnya ringan. Jika ditengok pada sisi kanan dan kirinya terlihat beberapa port yang membekalinya. Pada sisi kanan dan kiri, terdapat port USB, slot microSD, HDMI, serta port jack headphone.

Pada bagian depan terlihat web camera, sehingga memungkinkan penggunanya melakukan panggilan video. Kemudian pada bagian keyboard, Asus memberikan keyboard yang cukup nyaman digunakan mengetik, sayangnya tak ada lampu pada keyboard ini sehingga agak sulit mengetik saat minim cahaya atau ruangan gelap.

Chromebook ini selain memiliki bodi simpel namun juga tipis dan juga ringan. Alhasil, laptop ini mudah di bawa kemana-mana. Dari segi material, laptop ini dibangun dengan plastik dan desain unibody sehingga tak bisa mencopot baterai.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Laptop Hybrid

Layar

C201 PA dibekali dengan bentang layar 11,6 inci. Layar yang terbilang cukup luas dan tak terlalu besar. Layar ini menampilkan warna yang cukup tajam dan jernih.

Tampilan

Tampilan user interface yang ditawarkan Chromebook juga cukup sederhana, tidak banyak ornamen. Di bar bawah terdapat beberapa pilihan seprti Chrome dan gmail. Berbeda dengan laptop berbasis Windows, untuk melihat menu, Anda hanya perlu mengklik gambar launcher search, setelah diklik akan ditemui menu di dalamnya, yang tak lain semuanya merupakan kembangan Google.

Pada sisi bawah-kanan akan ditemui untuk pengaturan. Selain setting, di sisi ini juga akan ditemui ikon bluetooth, Wifi, baterai dan banyak lagi.

Baca Juga: Spesifikasi Laptop Harga di Bawah 5 Juta

Performa

Chromebook C201 PA didukung oleh prosesor quad-core clocked 1.8 GHz. Sementara untuk grafisnya didukung Mali-T764. Tak hanya itu Chromebook C201 PA ini juga didukung RAM LPDDR3 4GB dan penyimpanan eMMC 16GB.

Berbekal itu, Chromebook C201 PA memiliki kemampuan booting yang terbilang cepat dibanding notebook pada umumnya. Ia hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 detik untuk booting. Selain itu, kinerja Asus Chromebook C201 PA juga terbilang smooth.

Sistem Operasi

Sesuai namanya, Asus Chromebook C201 PA memiliki dukungan Chrome OS, dan bahkan notebook ini juga akan mendukung Google Play Store, sehingga aplikasi Android bisa berjalan di notebook ini.

Baca Juga: Ajaran Rasulullah Tentang Hidup

Daya tahan

Chromebook C201 PA ini terbilang memiliki daya tahan yang cukup lama. Bahkan notebook ini mampu bertahan pada penggunaan di atas 5 jam. Hal ini berkat baterai 2Cells, 38Whrs. Sementara itu, menurut pihak Asus sendiri C201 PA bisa bertahan selama 13 jam.

Kelebihan Laptop Asus Chromebook C201PA

  • Harga : Mayoritas harga laptop Chromebook secara signifikan lebih murah dari laptop Windows atau Mac laptop. Chromebook umumnya mempunyai harga ritel untuk sekitar $200 – $300. Namun, ada juga beberapa dari laptop Windows laptop memasuki kisaran harga tersebut saat ini.
  • Kecepatan : Chromebook siap untuk digunakan dalam waktu sekitar 8 detik. Hal ini karena memiliki SSD hard drive dan OS Chrome yang ringan.
  • Baterai : Berharap untuk mendapatkan enam jam atau lebih dari daya tahan baterai pada Chromebook. Maka Chromebook adalah dua kali apa yang mungkin Anda dapatkan pada laptop standar Windows.
  • Keamanan : Chrome OS memiliki built-in virus dan perlindungan malware sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang file berbahaya bila menggunakan Chromebook.
  • Parental Controls : pengguna Chromebook dapat membuat account untuk melacak atau membatasi aktivitas online untuk anak – anak mereka secara online.
  • Sync : Chromebook menyelaraskan semua aplikasi Anda dan password dengan Chrome browser di komputer lain. Jadi, jika Anda menggunakan Chrome di tempat kerja, Anda dapat melakukan sinkronisasi semua data ke Chromebook Anda di rumah secara otomatis.
  • Cloud Storage : Anda mendapatkan 100GB penyimpanan Google Drive gratis selama dua tahun untuk semua pembelian Chromebook baru. Hal ini menyediakan sejumlah besar ruang penyimpanan dan mengurangi biaya besar untuk layanan sebanding dengan Dropbox, OneDrive atau Box.
  • Update : Chromebook akan memperbarui diri secara otomatis pada latar belakang sistem operasi. Jadi, perangkat Anda akan selalu up to date dan bekerja seperti yang Anda butuhkan.
  • Berat : Bervariasi tergantung pada Chromebook Anda beli tetapi kebanyakan perangkat Chromebook bersifat ringan portabel dan mudah dibawa ketika Anda membutuhkannya.
Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan HP Cross A66

Kekurangan Laptop Asus Chromebook C201PA

  • Aplikasi Kantor : Jika Anda terbiasa dengan produk Microsoft Office maka Chromebook mungkin tidak untuk Anda. Google memiliki office suite sendiri bersifat online dan dan banyak di antaranya sebanding dengan Office, tetapi mereka tidak memiliki beberapa fitur seperti Microsoft Office.
  • Penyimpanan : Chromebook biasanya hanya memiliki kelemahan ruang penyimpanan. Hanya ada antara 16 dan 32GB untuk penyimpanan on-board. Hal ini membantu Chromebook berkesan murah tapi ingat 100GB penyimpanan online akan Anda dapatkan secara gratis.
  • Tidak ada Optical Drive : CD/DVD drive tidak ada pada laptop Chromebook. Tetapi apabila anda menggunakan CD/DVD Drive secara teratur maka anda tidak akan menemukannya pada Chromebook.
  • Material Plastik.
  • Bezel Layar Tebal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Asus A456U

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Asus X441SA-BX002D

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Asus A456UQ